Wajib Diketahu! Ini Dia Cara Pemberian Upah Pasang Batu Alam yang Pantas

Upah Pasang Batu Alam

Source via : pinterest.com

Memiliki hunian unik dengan ornamen batu alam tentu menjadi pemandangan yang menyenangkan. Bila Anda menginginkan adanya material alami dengan menggunakan bebatuan maka bersiaplah untuk menggunakan tenaga ahli yang khusus. Karena bentuk batuan yang tidak persis dan masih dikerjakan secara home industri maka membutuhkan tenaga berpengalaman yang perlu diberi upah pasang batu alam yang sepantasnya.

Biaya Pemasangan Batu Alam Pada Rumah

Baik untuk eksterior maupun interior rumah, ada banyak bagian bangunan yang bisa dilapisi oleh bebatuan alami misalnya di ruang tamu. Tentu biaya yang dikeluarkan juga variatif sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Dinding luar rumah yang tinggi atau pengerjaan batu alam berukuran sangat besar sangat mempengaruhi upah yang harus dikeluarkan. Walaupun demikian perlu juga diingat, tukang yang mengerjakannya tidak bisa sembarangan. Berikut adalah perhitungan upah pasang material batu alam secara gambaran besar.

1. Upah Pemasangan Borongan

Biaya Pemasangan Batu Alam

Source via : pinterest.com

Menetapkan upah borongan adalah hal lazim dalam membangun rumah. Hal ini sering diterapkan pada kontraktor besar yang memiliki beberapa pekerja. Biaya yang disepakati bervariasi dengan tingkat kesulitan penyusunan batu alam dan posisi dinding yang akan dilapisi bebatuan tersebut. Namun secara garis besar pengerjaannya berkisar sekitar 450 ribu untuk pengerjaan kecil dan 950 ribu untuk ukuran batu yang lebih besar. Perhatikan hal berikut bila ingin menerapkan upah pemasangan batu alam yang borongan.

  • Tidak perlu diawasi karena sudah sepakat sejak awal dan ada pimpinan tukang yang bertugas untuk mengawasi proses pemasangan,
  • Ada deadline pengerjaan sebagai patokan selesainya pengerjaan,
  • Bayarkan Down Payment agar para tukang semangat menyelesaikan tugasnya.

2. Upah Pemasangan Permeter

Bila ingin perhitungan terperinci bisa memilih cara pemberian upah tukang pasang batu alam secara meteran. Tentu hal ini sah-sah saja dilakukan. Karena merupakan kesepakatan antara tukang dan pemilik rumah. Ada beberapa hal yang harus dipahami dengan pemberian upah seperti ini.

  • Bayaran permeter bervariasi dari ukuran terkecil yakni sekitar 50ribu per meter dan dua kali lipatnya pada pemasangan batu yang besar,
  • Biaya permeter bisa bervariasi sesuai dengan jenis bebatuannya. Semakin sulit batu dipotong dan disusun, maka biaya pengeluarannya juga berbeda,
  • Pengerjaan tukang harus diawasi sendiri karena perhitungannya jadi harian,
  • Pemasangan yang dikreasikan penghuni rumah akan mendapatkan nominal yang berbeda,
  • Harga permeter juga bisa digabungkan dengan harga material. Selain lebih praktis, tentu penghuni rumah tidak harus mencari bahan material.

Upah pasang batu alam hendaknya disesuaikan dengan tenaga yang akan melakukan pekerjaan tersebut. Semakin berpengalaman seseorang tentu akan dibayar lebih tinggi. Baik secara meteran ataupun borongan, keduanya adalah cara pemberian upah yang sesuai. Hendaknya menyesuaikan pembayaran dengan medan yang akan dihiasi atau dilakukan.

author
Author: