Cara Memasang Lantai Vinyl Sendiri Di Rumah

No comment 223 views

Cara Memasang Lantai Vinyl – Saat ini desain rumah minimalis populer dipilih karena sangat cocok untuk karakteristik orang modern di zaman sekarang. Rumah minimalis menerapkan konsep yang simple namun tetap memberikan kesan yang nyaman dan juga menarik. Terdapat berbagai material yang sederhana namun memiliki daya tahan yang cukup bagus untuk mendukung desain rumah. Untuk itulah kebanyakan orang lebih suka memilih vinyl untuk menjadi bahan dekorasi lantai. Vinyl membuat rumah terlihat lebih elegan dan tetap menekankan konsep geometris yang indah. Selain itu lantai vinyl murah sangat mudah didapatkan.

Cara Memasang Lantai Vinyl

Cara memasang lantai vinyl yang baik dan benar

Untuk bisa memasang lantai vinyl dengan baik, Anda bisa menggunakan jasa profesional. Namun untuk bisa berhemat Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memasang lantai vinyl yang tepat agar bisa memasangnya sendiri. Berikut langkah-langkahnya.

1. Ukur besar ruangan yang akan dipasang

Sebelum melakukan pemasangan lantai vinyl, Anda harus mengukur besar ruangan secara teliti terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda bisa membeli lantai dengan ukuran yang pas sesuai dengan kebutuhan. Akan lebih baik jika Anda membeli lantai vinyl yang lebih banyak daripada kekurangan nantinya. Sisanya bisa Anda gunakan untuk bagian lainnya.

2. Pindahkan semua perabotan dari lantai

Untuk memberikan ruang, guna proses pemasangan lantai vinyl, Anda harus memindahkan perabotan ke tempat lain terlebih dahulu. Lakukan pemindahan barang secara bertahap saja. Misalnya Anda ingin memasang untuk bagian dapur, pindahkan kulkas, lemari piring dan lain sebagainya ke ruangan tengah terlebih dahulu. Setelah lantai terpasang Anda bisa mengembalikan perabotan seperti semula.

3. Bersihkan lantai secara menyeluruh

Bersihkan bagian lantai secara menyeluruh sebelum dipasang vinyl agar tidak ada debu yang menempel nantinya. Pastikan permukaan lantai dalam keadaan kering dan memiliki tekstur yang rata.

4. Potong lantai sesuai dengan ukuran

Untuk memaksimalkan pemasangan lantai vinyl, Anda harus melakukan pemotongan bahan sesuai dengan kebutuhan yang pas. Hal tersebut dilakukan agar pemasangan bisa pas ke bagian dinding. Gunakan cutter dan juga penggaris untuk memudahkan proses pemotongan. Lantai vinyl berbentuk roll akan lebih fleksibel dibentuk untuk ruangan yang luas. Namun jika ruangan cukup kecil, Anda bisa memilih jenis vinyl tile maupun plank.

5. Gunakan perekat yang berkualitas

Komponen utama dalam pemasangan lantai vinyl adalah penggunaan lem. Pilihlah lem yang berkualitas unggul agar vinyl bisa terpasang dengan sempurna dan rapi. Anda bisa membeli lem di toko bangunan terdekat. Anda bisa mengoleskan lem secukupnya pada lantai vinyl serta pada permukaan lantai. Tempelkan segera vinyl pada lantai sebelum lem menjadi kering.

6. Proses pemasangan

Pasang vinyl secara rapi dan sesuai dengan polanya. Rekatkan satu persatu bagian secara perlahan agar hasilnya bisa rapi. Pasang dengan arah yang sama secara hati-hati, karena ketika lantai vinyl sudah di pasang, tidak bisa dilepas atau digeser kembali. Melepas vinyl secara paksa saat sudah terpasang bisa mengakibatkan kerusakan pada lantai. Untuk itu sebaiknya Anda lakukan dengan teliti dan perlahan.

Itulah cara memasang lantai vinyl yang baik dan benar. Jika Anda ingin mencobanya, ikuti langkah-langkahnya dengan cermat dan jika ingin membeli silahkan kunjungi situs ini

author
Author: